RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA HARAPAN BANGSA
Matapelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: X / 1 (Wajib)
Materi
Pokok : COMPLIMENTING
Alokasi
Waktu : 2 JP (2x45 menit)
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.2
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji
bersayap (extended) serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
·
Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan memuji
bersayap (extended).
·
Siswa dapat membedakan ungkapan memuji
bersayap (extended) dengan ungkapan
yang lain.
·
Siswa dapat menjelaskan fungsi ungkapan memuji
bersayap (extended)
3.3 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian
(care), serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
·
Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan
menunjukan perhatian (care)
·
Siswa dapat membedakan ungkapan
menunjukan perhatian (care)dengan
ungkapan yang lain.
·
Siswa dapat menjelaskan fungsi ungkapan
menunjukan perhatian (care)
4.3
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
·
Siswa dapat menyampaikan
ungkapan memuji bersayap (extended)
sesuai konteks
dengan benar.
·
Siswa dapat merespon ungkapan
memuji
bersayap (extended) dengan tepat.
·
Siswa dapat membuat dialog
dengan ungkapan memuji bersayap (extended) dengan tepat.
4.4 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
·
Siswa dapat menyampaikan
ungkapan perhatian sesuai konteks dengan benar (Students are able to express
the expressions of showing care based on context properly)
·
Siswa dapat merespon sebuah
perhatian dengan tepat (Students are able to respond the expressions of showing
care properly)
·
Siswa dapat membuat dialog
ungkapan perhatian dengan benar (Students are able to make dialog of showing
care correctly)
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa terampil
menggunakan ungkapan memuji bersayap (extended)
dan showing care secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar, dan menunjukkan perilaku santun, disiplin,
percaya diri, dan tanggung jawab.
D. MATERI PEMBELAJARAN
Ungkapan memuji bersayap (extended)
1.
Fungsi
Sosial :
Menyampaikan
dan merespon ungkapan memuji bersayap (extended)
dan showing care.
2.
Struktur
Teks
A.
COMPLIMENTING
Complimenting
|
Response
|
-
What a wonderful performance!
-
I must express my admiration to you!
-
What a nice dress!
-
You look gorgeous!
-
Great job!
|
Thank you.
Thank s a lot for your appreciation.
Thank you very much.
It’s very kind of you to say that.
I’m glad you like it.
|
B.
SHOWING
CARE
a.
Formal Situation:
I’m
extremely sorry to hear that
I
was deeply sorry to hear that you’re sick
I
would like to express my deepest sympathy
Please, accept my sympathy
Please, accept my condolences
b. Neutral
Situation :
You must be very upset
I’m sorry to hear that
I know how it feels
c. Informal
Situation :
That’s awful!
That’s terrible!
What a shame!
Oh, dear
Responses :
Thank you for your sympathy.
Thank you very much.
Thank you. You are truly good friends.
I appreciate your thoughts and prayers.
It was very nice of you to think of me
in this sadness time.
3.
Unsur
Kebahasaan
A.
COMPLIMENTING
Compliment
is an expression to appreciate or praise other people. Compliment is useful to
give encouragement so that people will keep on doing their best and event
improve their performance.
When to express
compliment:
-
On
general occasion, ex: great job!
-
When
someone has done his/her best, ex: What a wonderful performance!
-
When
you visit someone’s house for the first time, ex: what a nice house!
-
If
you notice something new about someone’s appearance, ex: you look gorgeous!
B.
SHOWING
CARE
Showing
Care / Sympathy
Sympathy expression is an expression or
feeling of pity and sorrow when we know and see people are unlucky, have
trouble, or in bad condition. For example, our friend is sad because his/her
grandfather is sick. We can entertain him/her by showing sympathy. By
expressing sympathy, we want to show our concern or care for other people’s
condition.
The purpose of expressing sympathy is to
comfort people who have trouble or in bad conditions. It is also aimed to let
people know that we care for them. We can express sympathy directly to him/her
orally by saying something supportive. In this way, we let our friend know that
we know about his/her sadness and we let our friend know that we/sympthy. care
and want to help him/her. If the person who is in trouble is far from us, we
can send him/her a letter, postcard, short message service (sms), or email to
show our care
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific approach
2.
Model : Discovery based learning
3.
Teknik : Roleplay
E.
MEDIA DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
Media:
buku, tayangan cuplikan gambar
Sumber
Pembelajaran: buku, internet, wikipedia
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
1.
Kegiatan Pendahuluan
(10 menit)
· Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
· Memberi motivasi belajar
· Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang
akan disampaikan
· Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan
dicapai.
· Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan yang akan
dilakukan
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
MENGAMATI
1.
Mengamati
atau memperhatikan berbagai gambar interaksi memuji bersayap dan showing care.
2.
Memperhatikan
ungkapan yang dipakai dalam gambar interaksi memuji dan showing care.
3.
Mengidentifikasi
ciri-ciri interaksi memuji bersayap dan showing care(fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan).
MENANYA
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan memuji
bersayap dan showing care dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain.
MENGUMPULKAN INFORMASI/MENCOBA
1.
Siswa secara mandiri dan dalam kelompok
mencari ungkapan complimenting dan showing care yang lain dari berbagai sumber.
2.
Siswa
bergantian membacakan ungkapan
complimenting dan showing care dengan unsur kebahasaan yang tepat.
3.
Siswa mengucapkan dan merespon ungkapan
complimenting dan showing care yang
disampaikan teman dan guru.
4.
Membuat
percakapan tertulis yang mengandung ungkapan complimenting dan showing care memuji.
MENGASOSIASI
1.
Siswa
membandingkan ungkapan memuji bersayap dan showing care yang telah dipelajari
dengan yang ada di berbagai sumber lain.
2.
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis
yang disampaikan dalam kerja kelompok.
MENGOMUNIKASIKAN
Mempraktekkan didepan kelas percakapan
tertulis yang mengandung ungkapan memuji dan showing care.
3.
Penutup (10 menit)
-
Siswa
diajak menyimpulkan ungkapan memuji bersayap dan showing care.
-
Memberi
Pekerjaan rumah, mencari contoh dialog di internet yang menggunakan ungkapan
memuji bersayap dan showing care.
G.
PENILAIAN
A.
JENIS/TEKNIK
PENILAIAN
·
Tertulis:
-
Membuat dialog
·
Unjuk Kerja (Kinerja/performance)
-
Melakukan percakapan berisi ungkapan complementing
dan showing care.
·
Penilaian sikap selama proses
pembelajaran:
-
Sikap saat kegiatan diskusi
-
Sikap saat kegiatan kerja kelompok
B. RUBRIK
PENILAIAN
a. Rubrik
Percakapan
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
Pelafalan
(Pronuncing)
|
Lafal dapat difahami
meskipun dengan aksen tertentu
|
Ada masalah dalam
pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan kadang-kadang
menimbulkan kesalahfahaman
|
Sulit dimengerti karena
ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering.
|
Hampir selalu kelur
dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
|
Tata
Bahasa
(Grammar)
|
Hampir tidak ada
kekeliruan tata bahasa
|
Terjadi beberapa
kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
|
Banyak terjadi
kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus menyusun
ulang kalimat percakapan
|
Tata bahasa sangat buruk
sehingga percakapan sangat sulit difahami
|
Kosakata
(Vocabulary)
|
Kadang-kadang pelafalan
tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosakata yang tidak
sesuai
|
Sering menggunakan
kosakata yang tidak tepat sehingga
dialognya menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas.
|
Menggunakan kosakata
yang salah sehingga tidak dapat difahami.
|
Kosakata sangat terbatas
sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
|
Kelancaran
(Fluency)
|
Dialog lancar,
sangat sedikit menemui kesulitan
|
Tidak terlalu lancar
karena menemui kesulitan bahasa
|
Sering ragu dan berhenti
karena keterbatasan bahasa
|
Sering berhenti dan diam
selama dialog sehingga dailog tidak tercipta
|
Pemahaman
(Comprehension)
|
Seluruh isi percakapan
dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada bagian-bagian tertentu
|
Sebagian besar Isi
percakapan dapat dimengerti meskipun ada beberapa pengulangan
|
Sulit untuk mengikuti
dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang
perlahan-lahan dan banyak pengulangan.
|
Tidak dapat difahami
bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun
|
Cara
Penilaian Percakapan:
No.
|
Nama
Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||
Kriteria ke-1
|
Kriteria ke-2
|
Kriteria ke-3
|
Kriteria ke-4
|
Kriteria ke-5
|
|||
1.
|
Annisa
Larasati
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
17
|
....
|
..........................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|
Rumus perhitungan nilai
siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang
diperoleh siswax 100
Skor maksimal/ideal
Keterangan:
·
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah
jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
·
Skor maksimal/ideal adalah hasil
perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 5
kriteria). Jadi skor maksimal/ideal= 4x5 = 20
Sehingga perhitungan
nilai akhir siswa adalah :
1. Annisa
Larasati : 16 x 100 = 80 2. Asep
Sudrajat: 15 x 100 = 75
20 20
b. RUBRIK
PENILAIAN SIKAP
1. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Diskusi
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
2.
|
Rasa percaya diri dalam mengemukakan
pendapat
|
|
|
3.
|
Saling menghormati dan menghargai
|
|
|
4.
|
Tanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas
|
|
|
2. Lembar
Pengamatan Sikap pada Kegiatan Kerja Kelompok
No.
|
Sikap yang diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat (√)
|
1.
|
Kerja sama
|
|
|
2.
|
Ketertiban
|
|
|
3.
|
Tanggung jawab
|
|
|
4.
|
Kepedulian
|
|
|
Contoh
Format Hasil Pengamatan Kegiatan Membaca
No.
|
Nama
Siswa
|
Sikap 1
|
Sikap 2
|
Sikap 3
|
|||
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
Terlihat
|
Tidak Terlihat
|
||
1.
|
Annisa
Larasati
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Asep
Sudrajat
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Beni
Hermawan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
............................
|
|
|
|
|
|
|
...................., .............................. 2014
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
_______________________
_________________________
NIP.
... NIP.
..
rpp kelas XI donk..please..tq
BalasHapusehh udah ktemu ko yg kls XI nya....ada.. hehe... makasihh bnyak.. pa agus luthfi..
BalasHapussama sama, semoga bermanfaat, amin. sebenarnya punya semua bab tapi gaptek gak bisa berbagi dengan teman-teman, semua
BalasHapusmonggo nyumanggaaken, karena ada yang salah yaitu seluruh kegiatan inti seharusnya tinggal mengambil dari silabus. suwun telah berkunjung
BalasHapuspak Agus Luthfi, boleh minta dikirimi perangkat mengajar bahasa inggris kelas XI dan XII Kurikulum 2013? kirim ke: eric16son@yahoo.com aja ya..terima kasih
BalasHapusijin daownload ya pak mudah x berkah untukmurid kami yang di papua , dan klo boleh bs dikirim file rpp k 13 kelas x , xi dan xii di email maddiadmerauke@gmail.com ya pak terima kasih banyak
BalasHapusPak Agus tolong dikirimkan perangkat kelas xi dan xii k13 sma ke email zainuddinnur13@gmail.com
BalasHapusbisa didownload gak pak.. gimana caranya
BalasHapusbisa didownload ??
BalasHapus