Senin, 02 Juni 2014

RPP BAHASA INGGRIS KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                  : SMAN 1 NGADILUWIH 
Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris
Kelas / Semester    : X / Ganjil
     Materi Pokok         :  Introduction
      Alokasi Waktu      : 2 x 45  menit

A. KOMPETENSI INTI :
KI 1  :   Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :   Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2 Memahami tujuan , struktur teks , dan unsur kebahasaan dari  teks lisan dan tulis untuk menyebutkan jati diri secara sederhana.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyebutkan jati diri , dengan memperhatikan tujuan , struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai dengan konteks 

C. INDIKATOR :
· Memahami tindak tutur menyebutkan jati  diri
· Mengidentifikasi tindak tutur menyebutkan jati diri
· Merespon tindak tutur menyebutkan jati diri 
· Memperagakan percakapan yang menggunakan  ungkapan Jati diri

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pesera didik menghargai bahasa inggris sebagai pengantar komunikasi international secara santun.
2. Peserta didik memilikik perilaku jujur dan secara bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan sosial dan lingkungan
3. Diberikan beberapa percakapan rumpang ,peserta didik dapat mengisi dengan ungkapan yang tepat
4. Peserta didik dapat merespon percakapan yang menunjukkan jati diri dengan tepat.
5. Peserta didik dapat mengidentifikasi tindak tutur menyebutkan jati diri dan memperkenalkan orang lain
6. Peserta didik dapat memperagakan percakapan yang menggunakan  ungkapan Jati diri
7. Peserta didik dapat memperagakan percakapan yang menggunakan  ungkapan memperkenalkan orang lain.

E. MATERI PEMBELAJARAN
a. Greeting Someone
 When we meet someone, we usually greet him/her. Here are some expressions and the responses  that can be used:
Greeting
Responses
· Good Morning
· Good afternoon
· Good evening
· Hi, How’s life ?
· How’s everything?
· How nice to see you
· Hello ! / Hi !
· How do you do !
· How are things with you ?
· Good Morning
· Good Afternoon
· Good Evening
· Hi, I Am Fine, Thank You. How about you?
· Yes, It’s been so nice. / Nice to meet you, too
· Hello ! / Hi!
· How do you do!
· Not too bad, thanks. And you ?

b. Personal Introduction
Here are two FORMAL examples :
1. May I introduce my self ?
My name is Hafi.
2. I’m responsible for sales. I don’t think we’ve met.
My name is Caca. I work for HRC com.
Here are two INFORMAL examples :
1. Hello, I’m Hafi. I work with Firda.
2. Hi, I’m Sasa. I’m a friend of Andika
If you know who the person is but have never met him or her, you can introduce yourself in these ways:
1. Hello. you must be Adsi.
My name is Graina.
I enjoyed your speech on English
2. Excuse me, Aren’t you Salsabila?
I’m Roi
I have read your book and ...
If you must speak to a group of people (for example, to give a speech or a presentation), you may sometimes find it Necessary to use the following Phrases =
For those of you who don’t know me, my name is John smith.
To Introduce your self in an informal situation you can say :
· Hi! I am Roi.
· Hello! my name is Dinda
· Hello! This is Aldi. (Speaking on the telephone)
· Excuse me, my name is Ardi
· How do you do ? I don’t think we’ve met before. My name is Rudi
In a formal situation you may say :
· May I introduce myself ? My name is Roi
I am a student of SMA 1 Ngadiluwih
· Allow me to introduce my self. My name is Ifan Situmorang
I’m RBudi's Father
· Let me introduce myself. My name is Subroto
I am an English teacher.

c. Introducing Someone / Introducing Others
It’s nice to meet you. 
It’s a pleasure to meet you. 
I’m very happy to meet you. 
I’m pleased to meet you. 
I’m delighted to meet you. 
How do you do.
* Hello, Hi. (informal) Hi, there. (informal) glad to meet you. (informal) good to meet you. (informal). How are you ? ** (informal).
* The signal “how do you do” is not used in America nearly as much as in great Britain. Please note that it is NOT a Question. It is only a greeting which requires a response with any other greeting, including” how do you do”!
* The phrase “how are you” is normally a greeting for people you already know, not for people to when you are being introduced for the first time. Nevertheless, many Americans use it this way.
To introduce someone in an informal situation you can say :
* Caca, this is Budi
* Roi, meet Nona
* Oh, Budi. I’d like you to meet Nona
* By the way, do you know each other? Budi-Nona

In a formal situation you may say :
* Dona, let me introduce you to Mr. Hans
* Mr. Heru, May I introduce you to miss Ana
* I’d like to introduce you to Mr. Wawan

F. METODE PEMBELAJARAN
· Metode: scientific
· Tehnik: Three Phase Steps, dialog
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Sumber  : LKS
b. Media : CD, tape, Koran , majalah, internet
H. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan awal
- Guru memotivasi peserta didik untuk siap belajar.
- Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari peserta didik dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dikuasai oleh peserta didik.
b. Kegiatan Inti
Mengamati (observing)
· Peserta didik mendengarkan/menonton interaksi/dialog perkenalan
· Peserta didik mengikuti interaksi/dialog yang memaparkan perkenalan
· Peserta didik menirukan model interaksi menunjukkan perkenalan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perkenalan. (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, Peserta didik diberi kesempatan mempertanyakan antara lain perbedaan antara  ungkapan menunjukan pe dalam bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi (exploring)
Peserta didik menunjukan uangkapan jati diri dengan bahasa Inggris dalam konteks simulasirole-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasi (associating)
· Peserta didik membandingkan ungkapan menunjukan ungkapan jati diriyang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Peserta didik membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Peserta didik. 
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Peserta didik menunjukan uangkapan jati diri dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas. 
· Peserta didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan uangkapan jati diri dalam jurnal belajar (learning journal).
c. Penutup
· Peserta didik beserta guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah diterima
· Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
· Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya

I. PENILAIAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Jenis /teknik penilaian : Tes dan non tes 
Indikator pencapaian Kompetensi
Tehnik Penilaian
Bentuk Instrumen
· Memahami tindak tutur menyebutkan jati  diri
Tes
Tertulis
· Mengidentifikasi tindak tutur menyebutkan jati diri
Tes
Tertulis
· Merespon tindak tutur menyebutkan jati diri
Tes
Tertulis
· Memperagakan percakapan yang menggunakan  ungkapan Jati diri
Tes
Tertulis

2. Bentuk instrumen: TERTULIS

J. Pedoman Penskoran
A. Aspek Penilaian Rasa syukur
No
Aspek Rasa Syukur
Skor
Keterangan/Rubrik/Kriteria
1

4
Peserta didik mengungkapan rasa syukur dengan jelas , tulus dan ihlas


2
Peserta didik kurang mengungkapan rasa syukur atas arahan guru


1
Peserta didik tidak mengungkapkan rasa syukur

Nilai : Skor yang diperoleh  x100
4
B. Aspek Penilaian Sikap Kejujuran dan Tanggung Jawab
No
Aspek Kejujuran
Skor
Keterangan/Rubrik/Kriteria
1

3
Peserta didik mengerjakan secara mandiri dan  benar


2
Peserta didik mengerjakan tugas/latihan dengan membandingkan pekerjaan orang lain


1
Peserta didik mengerjakan tugas/ latihan dengan menyalin pekerjaan orang lain
2
Aspek Tanggung Jawab
3
Peserta didik  menyelesaikan tugas/pekerjaan benar dan tepat waktu


2
Peserta didik menyelesaikan tugas dengan benar tidak tepat waktu


1
Peserta didik tidak menyelesaikan tugas dengan kurang benar dan tidak tepat waktu

Nilai : Skor yang diperoleh  x100
6

C. Rubrik Speaking
No
Aspek yang dinilai
score
Keterangan
1
Structure
4
Tidak ada kesalahn struktur saat percapaan
3
Ada kesalahan struktur namun bias dipahami


2
Banyak keslahan struktur dan sulit dipahami
1
Banyak kesalhan struktur dan sulit dipahami
2
Pronounciation
4
Peserta dapat melafalkan ungkapan mendekati native speaker
3
Peserta didikd dapat melafalkan ungkapan dipengaruhi dengan logat lokal
2
Peserta didik melafalkan ungkapan dengan mnggunakan logat bahasa lokal dan masih dapat dipahami
1
Peserta didik melafalkan ungkapan dengan mnggunakan logat bahasa lokal dansulit dipahami.
3
Fluency
3
Peserta didik mengungkapnan dengan lancar
2
Peserta didik mengungkapkan diselingi dengan jeda
1
Peserta diidik mengungkapan dengan banyak jeda.

Nilai : Skor yang diperoleh  x100
       11

D. Fill in the blanks ( Listening )

No soal
Aspek yang dinilai
Score
1 - 10
Jawaban benar
1

Jawaban salah 
0


E. Menjawab Pertanyaan berdasarkan pada dialog

No soal
Aspek yang dinilai
Score
Jawaban benar
2
4-5
Jawaban benar
1

Jawaban salah 
0

 
F. Rubrik Membuat  Teks Percakapan 
No
Aspek yang dinilai
score
Keterangan
1
Structure
4
Tidak ada kesalahn struktur teks  percapan
3
Ada kesalahan struktur namun bias dipahami


2
Banyak keslahan struktur dan sulit dipahami
1
Banyak kesalhan struktur dan sulit dipahami
2
Vocabulary
3
Penggunaan kosa kata dengan tepat
2
Penggunaan kosa kata yang kurang tepat namun masih bias dipahami
1
Penggunaan kosakata yang salah dan sulit dipahami perckapannya
3
Punctuation
3
Tidak ada kesalhan penggunaan punctuation
2
Ada sedikit kesalahan dalam penggunaan punctuation 
1
Banyak kesalahan dalam penggunaan punctuation



Kediri, 28-05-2014
Guru Mata Pelajaran




(Agus Luthfi, S.Pd)
NIP. 19760817 200801 1 023

21 komentar:

  1. Ada pak, saya punya komplet untuk semua bab, tapi ya hanya kelas x dan xi semester 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Di mana saya bisa lihat pak rpp bpk? Kemarin sya donlod, itu hanya bab 1 aja.

      Hapus
  2. katanya ada untuk kelas XI tapi kok gak diupload
    suakcot@gmail.com
    kirim aja
    terima kasih

    BalasHapus
  3. bsa minta yg kelas 10 bahasa inggris rpp nya utk semua bab?

    BalasHapus
  4. pak, saya juga minta rpp bahasa inggris 10 smua bab, bisa kan pak????please

    BalasHapus
  5. pak, bsa tlg krm rpp kelas x dan xi di ridwanuat85@gmail.com.
    ma ksh byk atas bantuannya.

    BalasHapus
  6. maaf untuk semuanya, niatnya sih berbagi semua bab baik kelas x maupun kelas xi semua bab tapi gak tahu caranya alias gaptek. mungkin ada solusi dari teman teman sekalian bagaimana saya membaginya?

    BalasHapus
  7. bisa lewat 4shared.com buat akun disana terus upload linknya tulis di siini

    BalasHapus
  8. pak klw kerepotanlangsung kirim ja ke e mail saya,,zankyzank@gmail.com.......mklum indonesia timur krng info.....thank sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya upload, silahkan disesuaikan dengan keinginan bapak/ibu guru. makasih telah berkunjung

      Hapus
  9. Pak Luthfi,,tolong share rpp kelas x dan xi ke email saya, denma0708@gmail.com
    Makasih pak.

    BalasHapus
  10. sudah saya upload monggo di cari diblog ini dan di download. semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. ternyata kelas X dan XI ada pak.. terimah kasih banyak, semoga Allah selalu memberikn kebahagiaan kepada keluarga bapak...

    BalasHapus
  13. AMIN AMIN YAA ROBBAL ALAMIN, terima kasih telah berkunjung. Semoga bisa membantu sesama dan menjadi amal sholeh kita. Amin

    BalasHapus
  14. materi listening nya...please..

    BalasHapus
  15. ngapunten mboten gadah, soalnya pada workshop tdk dibahas materi listening

    BalasHapus
  16. saya sangat membutuhkan rpp kelas x pak, dalam minggu ini saya akan di supervisi, mohon pak kirim via E-mail saya : namidouta.ese@gmail.com atas bantuan bapak Allah akan membalasnya

    BalasHapus