RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 1 NGADILUWIH
Matapelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI / 1 (Wajib)
Materi Pokok : ‘Expressing giving suggestion and offering help’
Alokasi Waktu : 6 JP (6x45 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
1.1. Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya
diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
2.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
Indikator :
a. Siswa
memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
b. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
c. Siswa
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
4.17 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
a. Siswa
terampil menggunakan teks lisan untuk mengungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya sesuai
konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
“Teks tulis pernyataan dan pertanyaan tentang
niat melakukan sesuatu”
1.
Fungsi Sosial :
Menyampaikan dan merespon tawaran dan saran
2.
Struktur Teks
Tawaran:
Can I help you?
Shall I bring you some tea?
Would you like another piece of cake?
Saran:
Let’s go to the library.
Let’s go to the movies.
Why don’t you do your homework before going out
3.
Unsur Kebahasaan
Kata kerja (Modal Verbs) di dalam ungkapan tawaran :
Can
I....
Shall
I ....
Would
you ....
Kata kerja di dalam ungkapan saran :
Let’s
....
Why
don’t we ....
We
could ….
What
about .…
How
about .…
I
suggest that ....
You
need to change .…
I
think .…
I
don’t think .…
Collocations are a
combination of words (noun+ verb or verb+ noun, adjective + noun, verb +
adverb). Collocations used to offer and suggest:
Ø
Bring Tea
Ø
Make room
Ø
Make an effort
Ø
Do laundry
Ø
Come early
Ø
Come prepared
Ø
Go study
Ø
Want a hand
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific approach
2.
Model :
Cooperative learning
F. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : PPt
2. Alat : Laptop, LCD
Sumber
Pembelajaran : Buku ‘BahasaInggris’ dariKemendikbuddan www.daily English.com
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)
Kegiatan Inti (60
menit)
MENGAMATI:
Siswa
membaca cerita The Enchanted Fish
secara berpasangan.
MENGUMPULKAN
INFORMASI:
siswa diminta membuat pertanyaan-pertanyaan
yang terkait dengan isi cerita dalam setiap paragraf dan memvisualisasikan
situasi dan latar cerita tersebut dalam imajinasinya masing-masing.
MENGASOSIASI:
guru meminta siswa menyampaikan pertanyaan apa saja yang sempat mereka
buat selama kegiatan membaca dan apa yang mereka bayangkan saat membaca
bagian-bagian cerita tersebut. Akan sangat membantu jika guru mengarahkan tanya
jawab berdasarkan paragraf cerita (paragraf demi paragraf).
MENGKOMUNIKASIKAN:
Setelah kegiatan membaca siswa diminta mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan secara berkelompok.
Setelah masing-masing kelompok melakukan diskusi, guru melakukan diskusi kelas
untuk memberi kesempatan masing-masing kelompok menyampaikan pendapatnya.
3)
Penutup (20 menit)
Sebagai
penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap
syukur atas nikmat Tuhan.
PERTEMUAN KE-2
1) Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa membaca ulang “enchanted fish” text dan
menemukan ungkapan-ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan.
·
Siswa
membacacontoh dialog yang
mencantumkanungkapanmemberi saran dan tawaran, serta responnya
·
Siswamengamaticontohmemberi
saran dan tawaran, serta responnya yang adadalam
dialog
Menanya
·
Siswa menanyakan hal hal yang kurang jelas
mengenai offering and suggesting
serta bagaimana merespon offering and
suggesting dengan tepat.
Mengeksplorasi
·
Siswa menjelaskan ciri-ciri kebahasaan dari
ungkapan offering and suggesting,
melalui contoh-contoh yang disajikan di buku teks maupun contoh dari guru.
Mengasosiasi
·
Siswa diminta mengerjakan latihan tertulis yang
berkaitan dengan ungkapan offering and suggesting.
·
Secara berpasangan siswa diminta membuat dialog
sederhana yang menggunakan ungkapan offering
and suggesting.
Siswa diminta untuk berlatih menghafalkan dialog yang telah dibuat.
Siswa diminta untuk berlatih menghafalkan dialog yang telah dibuat.
Mengkomunikasikan
·
Secara berpasangan siswa memperagakan dialog
sederhana didepan kelas.
3)
Kegiatan penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan
3
1)
Kegiatan Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru mengulassingkatmateri/kegiatan di
pertemuansebelumnya;
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran
2)
Kegiatan Inti
Mengeksplorasi
·
Siswa membaca sumber-sumber lain untuk
menemukan contoh-contoh ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan
·
Siswa membaca sumber-sumber lain untuk melihat
contoh-contoh pemakaian ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan
Mengasosiasi
·
Siswasecaraberkelompokmembuatcontoh-contohungkapanserupa
·
Siswa sharing
antarkelompoktentangungkapan-ungkapanmemberi saran dan tawaran, serta
responnya
·
Siswa membuat dialog dengan menggunakan ungkapan
memberi saran dan menawarkan bantuan
Mengkomunikasikan
·
Siswa bermain peran untuk mempresentasikan
dialognya di depan kelas
3)
Kegiatan Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan dan
menggeneralisasi mengenai apa yang telah dipelajari bersama
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
H.
Penilaian
1.
Jenis Penilaian
·
Sikap (observasi)
·
Pengetahuan (tes lisan yang terintegrasi dengan
keterampilan)
·
Keterampilan (dialog dengan bentuk role-play)
2.
Bentuk instrumen dan rubrik penilaian
Instrumen penilaian sikap
Instrumen
penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cintadamai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40.
|
Keterangan:
Skalapenilaiansikapdibuatdenganrentangantara
1 s.d 5
1 =
sangatkurang;
2 =
kurangkonsisten;
3 =
mulaikonsisten;
4 = konsisten;
5 =
selalukonsisten
Rubrik penilaian pengetahuan dan keterampilan
No
|
Nama
|
Keterampilan
|
Pengetahuan
|
|||||
Fluency
(1-4)
|
Accuracy
(1-4)
|
Content
(1-4)
|
Performance
(1-4)
|
Content
|
Grammar
(1-4)
|
|||
Vocab
(1-4)
|
Exp. Used
(1-4)
|
|||||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
Fluency
4: Berbicara dengan sangat lancar dan intonasi mendekati native speaker
3: Berbicara dengan sangat lancar tapi intonasi masih belum mendekati
native speaker
2: Berbicara dengan lancar dan intonasi masih belum mendekati native
speaker
1: Berbicara tidak lancar dan intonasi masih belum mendekati native
speaker
Accuracy
4: 90% Pronunciation benar
3: 85% Pronunciation benar
2: 75% Pronunciation benar
1: 65% Pronunciation benar
Content
4: Diksi 90% tepat dan ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
3: Diksi 80 % tepat dan ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
2: Diksi 70% tepat dan ada ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
1: Diksi 60% tepat dan banyak ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
Performance
4: Penuh percaya diri dan penyampaiannya jelas
3: Percaya diri dan penyampaian jelas
2: Kurang percaya diri dan penyampaian kurang jelas
1: Tidak percaya diri dan penyampaian tidak jelas
Grammar
4: struktur kalimat 90% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
3: struktur kalimat 80% memenuhi
kaidah tata bahasa Inggris
2: struktur kalimat 70% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
1: struktur kalimat 60% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
Rumus perhitungan nilai siswa,
sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa x 100
Skor maks (28)
GURU MATA
PELAJARAN
AGUS LUTHFI, S.Pd
NIP. 19760817
200801 1 023
maaf pak, bolehkah saya minta rpp yang lengkap untuk kelas xi
BalasHapus