Jumat, 26 September 2014

RPP KELAS XI KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                          : SMAN 1 NGADILUWIH
Matapelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : XI / 1 (Wajib)
Materi Pokok               : ‘Expressing giving suggestion and offering help’
Alokasi Waktu              : 6 JP (6x45 menit)

A.       KOMPETENSI INTI (KI)

         KI 1         : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
      KI 2         : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     : Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.        KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Kompetensi Dasar
1.1.  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
a.       Siswa memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
b.      Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
c.     Siswa menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.17 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Indikator :
a.      Siswa terampil menggunakan teks lisan untuk mengungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

C.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa terampil menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
“Teks tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat melakukan sesuatu”
1.         Fungsi Sosial :
Menyampaikan dan merespon tawaran dan saran
2.         Struktur Teks
                Tawaran:            
*      Can I help you?
*      Shall I bring you some tea?
*      Would you like another piece of cake?
                Saran:
*      Let’s go to the library.
*      Let’s go to the movies.
*      Why don’t you do your homework before going out

3.         Unsur Kebahasaan
Kata kerja (Modal Verbs) di dalam ungkapan tawaran :
Can I....
Shall I ....
Would you ....

Kata kerja di dalam ungkapan saran :
Let’s ....
Why don’t  we ....
We could ….
What about .…
How about .…
I suggest that ....
You need to change .…
I think .…
I don’t think .…

Collocations are a combination of words (noun+ verb or verb+ noun, adjective + noun, verb + adverb). Collocations used to offer and suggest:
Ø  Bring Tea
Ø  Make room
Ø  Make an effort
Ø  Do laundry
Ø  Come early
Ø  Come prepared
Ø  Go study
Ø  Want a hand



E.      METODE PEMBELAJARAN
1.       Pendekatan       : Scientific approach
2.       Model                   : Cooperative  learning
3.       Teknik                   :Number Head Together,Think-Pair-Share and Role play

F.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                   : PPt
2.      Alat                        : Laptop, LCD
Sumber Pembelajaran  : Buku ‘BahasaInggris’ dariKemendikbuddan www.daily English.com

G.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

1)    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.

2)      Kegiatan Inti (60 menit)
MENGAMATI:
Siswa membaca cerita The Enchanted Fish  secara berpasangan.
MENGUMPULKAN INFORMASI:
siswa diminta membuat pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan isi cerita dalam setiap paragraf dan memvisualisasikan situasi dan latar cerita tersebut dalam imajinasinya masing-masing.
MENGASOSIASI:
guru meminta siswa menyampaikan pertanyaan apa saja yang sempat mereka buat selama kegiatan membaca dan apa yang mereka bayangkan saat membaca bagian-bagian cerita tersebut. Akan sangat membantu jika guru mengarahkan tanya jawab berdasarkan paragraf cerita (paragraf demi paragraf).
MENGKOMUNIKASIKAN:
Setelah kegiatan membaca siswa diminta mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan secara berkelompok. Setelah masing-masing kelompok melakukan diskusi, guru melakukan diskusi kelas untuk memberi kesempatan masing-masing kelompok menyampaikan pendapatnya.
3)      Penutup (20 menit)
Sebagai penutup kegiatan pada pertemuan ke-1 siswa diminta menulis jurnal (Personal Journal Writing) tentang sikap syukur atas nikmat Tuhan.





PERTEMUAN KE-2

1)      Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.

2)        Kegiatan Inti
Mengamati
·         Siswa membaca ulang “enchanted fish” text dan menemukan ungkapan-ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan.
·         Siswa membacacontoh dialog yang mencantumkanungkapanmemberi saran dan tawaran, serta responnya
·         Siswamengamaticontohmemberi saran dan tawaran, serta responnya yang adadalam dialog
Menanya
·         Siswa menanyakan hal hal yang kurang jelas mengenai offering and suggesting serta bagaimana merespon offering and suggesting dengan tepat.
Mengeksplorasi
·         Siswa menjelaskan ciri-ciri kebahasaan dari ungkapan offering and suggesting, melalui contoh-contoh yang disajikan di buku teks maupun contoh dari guru.
Mengasosiasi
·         Siswa diminta mengerjakan latihan tertulis yang berkaitan dengan ungkapan offering and suggesting.
·         Secara berpasangan siswa diminta membuat dialog sederhana yang menggunakan ungkapan offering and suggesting.
Siswa diminta untuk berlatih menghafalkan dialog yang telah dibuat.
Mengkomunikasikan
·         Secara berpasangan siswa memperagakan dialog sederhana didepan kelas.
3)      Kegiatan penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

Pertemuan 3
1)        Kegiatan Pendahuluan
·      Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·      Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·      Guru mengulassingkatmateri/kegiatan di pertemuansebelumnya;
·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran



2)        Kegiatan Inti
Mengeksplorasi
·         Siswa membaca sumber-sumber lain untuk menemukan contoh-contoh ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan
·         Siswa membaca sumber-sumber lain untuk melihat contoh-contoh pemakaian ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan

Mengasosiasi
·         Siswasecaraberkelompokmembuatcontoh-contohungkapanserupa
·         Siswa sharing antarkelompoktentangungkapan-ungkapanmemberi saran dan tawaran, serta responnya
·         Siswa membuat dialog dengan menggunakan ungkapan memberi saran dan menawarkan bantuan
Mengkomunikasikan
·         Siswa bermain peran untuk mempresentasikan dialognya di depan kelas

3)        Kegiatan Penutup
·         Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan dan menggeneralisasi mengenai apa yang telah dipelajari bersama
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran

H.     Penilaian
1.    Jenis Penilaian
·         Sikap (observasi)
·         Pengetahuan (tes lisan yang terintegrasi dengan keterampilan)
·         Keterampilan (dialog dengan bentuk role-play)
2.    Bentuk instrumen dan rubrik penilaian
Instrumen penilaian sikap
Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Peduli
Kerjasama
Cintadamai
1.






2.






3.






4.













40.







Keterangan:
Skalapenilaiansikapdibuatdenganrentangantara 1 s.d 5
1 = sangatkurang;
2 = kurangkonsisten;
3 = mulaikonsisten;
4 = konsisten;
5 = selalukonsisten




Rubrik penilaian pengetahuan dan keterampilan
No
Nama
Keterampilan
Pengetahuan
Fluency
(1-4)
Accuracy
(1-4)
Content
(1-4)
Performance
(1-4)
Content
Grammar
(1-4)
Vocab
(1-4)
Exp. Used
(1-4)
1








2








3








4








5








Fluency
4: Berbicara dengan sangat lancar dan intonasi mendekati native speaker
3: Berbicara dengan sangat lancar tapi intonasi masih belum mendekati native speaker
2: Berbicara dengan lancar dan intonasi masih belum mendekati native speaker
1: Berbicara tidak lancar dan intonasi masih belum mendekati native speaker
Accuracy
4:  90% Pronunciation benar
3: 85% Pronunciation benar
2: 75% Pronunciation benar
1: 65% Pronunciation benar
Content
4: Diksi 90% tepat dan ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
3: Diksi 80 % tepat dan ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
2: Diksi 70% tepat dan ada ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
1: Diksi 60% tepat dan banyak ungkapan sesuai dengan yang diajarkan
Performance
4: Penuh percaya diri dan penyampaiannya jelas
3: Percaya diri dan penyampaian jelas
2: Kurang percaya diri dan penyampaian kurang jelas
1: Tidak percaya diri dan penyampaian tidak jelas
Grammar
4: struktur kalimat 90% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
3:  struktur kalimat 80% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
2: struktur kalimat 70% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
1: struktur kalimat 60% memenuhi kaidah tata bahasa Inggris
Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut :
Jumlah skor yang diperoleh siswa x 100
            Skor maks (28)
GURU MATA PELAJARAN

AGUS LUTHFI, S.Pd

NIP. 19760817 200801 1 023

1 komentar:

  1. maaf pak, bolehkah saya minta rpp yang lengkap untuk kelas xi

    BalasHapus